Tentang TCPMP

Palm seharusnya malu karena tidak mengikutsertakan program sebagus ini sebagai salah satu standar. Dan, yang bikin tambah malu, karena program ini gratis!

Di Treo 680 bukan untuk pertama kalinya aku menggunakan TCPMP. Aku sudah mengenal dan menggunakan program ini sejak menggunakan Ipaq 6365. Dan, program ini juga gratis untuk pocket pc. Saking bagusnya program ini, dulu aku sempat menyesal berhenti menggunakan pocket pc, karena khawatir tidak bisa lagi menikmati film dan musik semudah menggunakan TCPMP.

Aku keliru. Dan itu merupakan kekeliruan yang sangat menyenangkan. Aku sampai bersorak ketika menemukan TCPMP termasuk freeware juga untuk Palm OS.

Perlu aku tambahkan, ternyata TCPMP merupakan versi untuk sebuah program komersial yang kemudian bernama Coreplay. Dan, dapat ditebak, Coreplay termasuk salah satu software multimedia yang sangat bagus.

Keunggulan kunci TCPMP adalah mampu memutar beragam jenis berkas multimedia, mulai dari avi, jpg, mp3, ogg dan banyak lagi. Dalam hal ini, TCPMP jauh lebih superior ketimbang program standar Media Player di pocket pc atau Ptunes di Palm OS.

Selain itu, membuka berkas di TCPMP sangat sederhana dan program ini mendukung penggunaan kartu memori. Jadi, tidak ada masalah untuk menyimpan berkas film yang sangat besar. Taruh saja di kartu memori, TCPMP dengan mudah dapat membacanya. Dan, sepanjang pengalaman aku, tidak ada masalah dalam memutar berkas yang terdapat di kartu memori.

Yang menyenangkan, TCPMP menyediakan beragam pilihan aspek rasio, mulai dari yang disesuaikan dengan layar, 4:3 Pal dan NTSC, hingga 16:9 Pal dan NTSC. Untuk kualitas juga tersedia pilihan low, normal, dan high, sehingga menjamin berkas diputar dengan mulus dan lancar.

Tentu saja ada pilihan untuk menampilkan film secara penuh (full screen) atau menyisakan ruang untuk tombol fungsi. Antarmukanya juga sangat sederhana, dan aku kira antarmuka yang dapat diubah-ubah tidak akan menambah kenikmatan menonton film.

Untuk audio, lebih menarik lagi. Tersedia pilihan equalizer yang memungkinkan kita memperoleh pengaturan suara yang yang sesuai selera.

Fitur lain yang menarik, film dapat dijalankan dengan kecepatan normal atau dipercepat atau diperlambat.

(Photo courtesy of MyTreoNet)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s