Midnight Special, Tuntaskan Misi yang Diyakini

Pengantar:

Sejak masih duduk di bangku SMP, sebenarnya aku sudah sering menonton di bioskop. Sebagai penggemar cerita, aku bisa larut mulai dari film ecek-ecek hingga film yang bikin kening berkerut. Belakangan ini, aku mulai sering mengikuti skrining film-film baru. So, aku bermaksud untuk mengembangkan satu lagi segmen untuk blog ini, yaitu tinjauan film. Sebagian materinya mungkin sudah pernah dimuat di media tempat aku mencari nafkah. Tapi, aku usahakan untuk menampilkan konten yang benar-benar segar untuk blog ini. Semoga berkenan.

1$_MIDNIGHT SPECIAL_Final
Foto-foto Dok Warner Bros

Seberapa banyak orang yang mau melakukan apa saja, bahkan mempertaruhkan nyawa, untuk menyelesaikan sebuah tugas? Bagaimana jika tugas itu tidak benar-benar dipahami, masihkah mau melakukannya?

Itulah yang dilakukan Roy (Michael Shannon). Ia membawa anaknya, Alton Meyer (Jaeden Lieberhar), menuju suatu tempat pada waktu yang telah ditentukan. Padahal, baik Roy maupun Alton, tidak tahu apa yang bakal dihadapi atau terjadi pada saat yang ditentukan itu.

Alton memiliki kemampuan khusus yang membuatnya dapat berkata-kata tentang berbagai hal yang mestinya tidak mungkin diketahui anak seusianya. Kekuatan itu membuatnya menjadi tokoh penting bagi sebuah sekte kepercayaan di mana Roy dan Alton menjadi anggota.

Selain itu, ia juga dapat mengetahui informasi rahasia milik negara. Hal ini membuatnya dianggap menjadi ancaman sehingga harus diamankan.

Film Midnight Special berkisah tentang pelarian Roy dan Alton. Mereka dikejar-kejar oleh sekte kepercayaan yang kehilangan Alton dan berusaha mendapatkannya kembali dengan cara apa pun, termasuk membunuh siapa pun yang menghalangi. Yang membuat pelarian menjadi lebih rumit, mereka juga harus berhadapan dengan aparat negara.

Dalam pelarian, mereka dibantu oleh Lucas (Joel Edgerton) yang bahkan baru kali itu bertemu dengan Alton. Roy juga meminta bantuan isterinya, Sarah Tomlin (Kirsten Dunst), yang telah keluar dari sekte kepercayaan. Bersama-sama, mereka meninggalkan kehidupan yang nyaman untuk masuk dalam pelarian yang bahkan mereka tidak tahu untuk apa. Mereka hanya meyakini bahwa Alton harus menemui takdirnya.

MS-FP-016

MS-07802

MS-06657r

MS-FP-070

MS-FP-090rBerhasilkah mereka mencapai tempat yang ditentukan pada waktunya? Bagaimana mereka dapat lolos dari kejaran sekte kepercayaan dan aparat negara? Apa yang menjadi takdir Alton?

Midnight Special menghadirkan kisah pelarian yang membuat penonton terus penasaran. Melalui berbagai kejadian selama pelarian, penonton pelan-pelan mengetahui duduk perkara sebenarnya. Ketegangan dirajut dari adegan demi adegan. Tidak ada yang tahu pasti, apa yang akan terjadi kemudian. Ketika semua tampak baik-baik, ternyata menemui jalan buntu. Sebaliknya, ketika semua tampak sudah berakhir, ternyata masih ada jalan keluar yang tak diduga-duga. Yang dibutuhkan hanyalah ketetapan hati untuk menuntaskan misi.*

Tayang Perdana: Mei 2016

Rilisan: Amerika Serikat

Sutradara/Skenario: Jeff Nichols

Pemain: Michael Shannon, Joel Edgerton, Kirsten Dunst, Adam Driver, Jaeden Lieberher, Sam Shepard

 

Tulisan ini telah dimuat di Kompas Klasika, 18 Mei 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s